Senin, 22 Juni 2009

Father's Heart

Tadi malam, sebelum tidur...aku mencatat sesuatu tentang kepemimpinan. Semua orang rasanya punya paradigma alam bawah sadar yang sama mengenai seorang pemimpin. Seorang

Bapak/Papa/Ayah/Abi...atau siapaun sebutannya. Aku begitu terfokus pada 'tokoh yang ada dalam hidup semua orang'. Dengan atau tanpa disadari, gaya kepemimpinan seseorang dipengaruhi oleh 'tokoh' itu. Dan 'tokoh-tokoh' itu bisa saja salah dalam hal karakter, sifat, tindakan, keputusan,dan apa saja yang tampak.

Saat ini, aku dianugerahi posisi itu..posisi pemimpin, aku ingin memudahkan diriku...dan sebenarnya menjadi diriku sendiri dengan berkesimpulan bahwa

pemimpin adalah Bapak/Papa/Ayah/Abi... untuk siapapun yang ia pimpin.

Lalu aku kecewa, bahwa aku mungkin saja salah dalam hal karakter, sifat, tindakan, keputusan dan apa saja yang dapat kuperlihatkan pada siapa saja yang kupimpin kalau aku berkesimpulan demikian. Semua orang bisa salah dalam hal-hal yang tampak.

Aku lalu mencari, apa yg dimiliki 'para tokoh semua orang' yang tidak mungkin salah. Apa yang tidak tampak.... Ah yaaaaa...

Benar saja...!!! Apa yang tidak tampak... dalam 'tokoh semua orang' adalah HATI mereka...

Seorang bapak bentuk hatinya sama...

Tidak pernah (bahkan) terpikir untuk menghitung apa pun yang sudah pernah ia berikan kepada anaknya...

Selalu bermimpi anaknya menjadi lebih baik... dan tidak mungki merasa tersaingi oleh anaknya..

Memberikan selalu yang terbaik (walaupun seringkali dalam versinya)



Aku harus punya hati seorang pemimpin... hati seorang...

Bapak (bukan dalam arti feminis)...

aku hanya ingin hati mereka ada padaku...

Aku menangis cukup lama tadi malam, menyadari bahwa hatiku belum seperti itu...bahkan sampai aku jadi pemimpin... Aku teringat semua mereka yang aku pimpin... Waktu aku mulai berdoa untuk mereka... Aku tau, aku mulai meraih hati yang demikian untuk mereka...

Hey...

minimal dengan menulis ini... aku semakin menghayati...hati tokoh yang kumiliki...

Aku belajar lebih banyak dari hatinya... ketimbang dari apa yang ia tunjukkan...

Tidak ada komentar: