Selasa, 10 November 2009

DI TITIK MANA?

Seorang teman yang baik hati meminjamkanku sebuah buku berjudul ‘Menulis Secara Populer’ karangan Ismail Marahimin siang ini. Ini adalah buku non fiksi tentang menulis ketiga yang akan ku ‘kunyah’. Pecaya atau tidak, buku-buku fiksi tentang panduan menulis yang kubaca tak pernah berasal dari inisiatifku sendiri. Buku-buku itu dipinjamkan atau diberikan oleh orang-orang yang memperhatikan kegemaranku menulis dan mendukung hal ini. Tentu saja terlepas dari penilaian mereka tentang kualitas tulisan-tulisanku. Sehingga bagiku inilah cara mereka untuk (secara-tidak-langsung) mengkritik tulisan-tulisanku yang minim sekali berdasarkan panduan menulis. (Aku belajar teman-teman, yakinlah!)


Aku langsung membuka halaman ‘Sepatah Kata’ dan muncullah kalimat;

Ada banyak hal yang tidak bisa diharapkan dari buku ini, karena sasaran utamanya adalah orang-orang awam yang sama sekali belum pernah menulis, namun ingin melihat tulisan mereka dimuat di surat-surat kabar dan majalah.

Ahaaaaa.... benar saja!!! Ini adalah buku ketiga yang disarankan orang-orang memperhatikan tulisanku dan ketiga-tiganya adalah buku mengerti di titik mana aku berada dalam perjalanan menjadi seorang penulis yang baik.

Betapa pentingnya mengetahui titik dimana kita berada, sehingga kita tahu bagaimana, kapan, dan kearah mana kita harus melanjutkan perjalanan. Semua harus ada yang memandu, itulah yang seringkali kulupakan. Aku tentu tak ingin hanya sampai pada kelas amatir.

Sementara dari sisi orang lain, untuk mengetahui di titik mana aku berada mereka harus membaca dan mengikuti tulisan-tulisan ku seperti mereka membaca dan mengikuti tulisan-tulisan penulis besar. Dan untuk itulah aku berterima kasih kepada orang-orang telah mau melakukan hal-hal penting untuk membantuku mengetahui di titik mana aku berada.

Tidak ada komentar: